7 TIPS MOTIVASI DIRI "MOVE ON dari GAGAL"





HEY guys, hal yang lumrah saat ini adalah bahwa banyak manusia yang terkadang berhenti melangkah hanya karena dia merasa telah gagal dalam meniti kehidupannya. Mereka terkadang lebih memilih untuk tidak melanjutkan perjalannya baik dalam perihal asmara, pertengkaran antar teman, gagal merah mimpi dan bahkan umumnya dalam memperbaiki hidupnya. Semuanya diarasakan tidak memberikan perubahan secara permanent dalam kehidupan yang mereka jalani, bahkan kesan gagal itu terus menjadi batas untuk mereka berkreasi dan menjjadi lebih baik.
Sebagian orang beranggapan bahwa gagal justru adalah motivasi untuk mencapai keberhasilan. Namun, bagi mereka yang cenderung berpikiran sempit gagal justru dijadikan sebagai alat untuk terus berdiam dan menikmati penderiataan. Untuk itu, disini saya akan mengupas apa saja tips yang bisa dijadikan sebagai alat untuk menyerang ketakutan gagal dan move on.
1  1. Tidak berkecil hati
Ya, kita sudah mengetahui bahwa terkadang kegagalan menjadikan kebanyakan orang menyerah untuk mencapai mimpi yang kian dirancang dan menjadikannya down dalam waktu lama. Namun, sebenarnya dibalik kegagalan yang kita miliki ini justru memperlihatkan kepada kita bahwa perjuangan dan usaha yang kita lakukan harus lebih ditingkatkan. Ketika seseorang gagal dan menilai baik kegagalannya maka dia telah membuka keberhasilannya untuk lebih memperbaiki apa yang telah dilakukan. Ingat, bahwa tidak berkecil hati menerima kegagalan menjauhkan kita dari stress dan menjadikan seseorang terus meningkatkan wawasannya.
2 2. Positif thinking
Hal ini terlihat mudah namun ternyata kadang sulit untuk dilakukan. Timbulnya berbagai kekesalan menjadikan seseorang sulit berpikir positif dan terus menyelimuti pikirannya untuk  berpikir negatif. Perlu diketahui bahwa, berpikir negatif menjadikan seseorang mudah stress akibat gelisah berkepanjangan, sulit untuk maju, dan takut memulai kembali. Sebenarnya, berpikir positif ini mudah saja dilakukan yakni dengan memperluas pergaulan dengan orang yang sama selalu berpikir positif, yakin pada kemampuan yang dimiliki, dan selalu melihat sisi baikdari apa yang dilakukan dan ditemukan.
    3. Optimis
Nah, akibat gagal tidak sedikit orang yang langsung optimis terhadap hal tersebut. Optimis menjadikan seseorang untuk tahan banting dan melatih kesabaran menjalani proses keberhasilan. Untuk optimis kita cukup menekankan kembali apa yang akan kita raih dan percaya pada apa yang akan kita gapai.
4    4. Tidak takut BERMIMPI
Kebanyakan orang menganggap bahwa tidak perlu bermimpi terlalu tinggi, padahal hal ini salah besar. Sebenarnya, menurut berbagai penelitian seseorang harus bisa bermimpi setinggi-tingginya dan patut meyakini bahwa mimpi yang ia genggam akan tercapai. Ketakutan dalam bermimpi adalah kegagalan. seseorang yang takut bermimpi karena takut gagal hanya akan membuatnya sebagai orang yang tidak memiliki tujuan. Ketika orang menganggap mimpi yang kita rancang akan gagal bahkan jatuh, maka kita cukup berpikir bagaimana caranya agar bintang yang akan kira raih tidak terjatuh jauh ke tanah dan tetap bertahan bahka bersinar lebih terang. Tanpa orang sadari, bahwa mimpi berguna untuk menjadikan seseorang berpikir aktif dan kreatif dan keluar dari zona kenyamanannya.
5  5. Percaya Diri
Jika saja kita takut maka hal itu tidak benar, karena untuk percaya kita memerlukan keyakinan tinggi dan hal itu perlu dilakukan. Seseorang yang hanya tinggal dalam lingkaran ketakutannya maka dia akan terus berada pada zona ketidaknyamanan dan menjadikan dirinya lemah melakukan segala sesuatu. Kita perlu meyakini bahwa takut terlihat seperti sesuatu yang bersifat permanent tapi kenyataannya sementara ketika kita bisa mendobrak ketakutan itu dengan percaya diri yang tinggi.
6.  Berani memperbaiki kegagalan
Untuk berani membutuhkan tekad dan nyali yang besar. Berani move on hanya dilakukan oleh mereka yang menganggap bahwa dirinya berharga dan harus meraih sesuatu yang berharga pula. Jangan salah, maksudnya adalah bahwa untuk berani kita harus bisa membuka diri menerima kegagalan. Namun, kegagalan ini harus dipandang sebagai pacuan untuk memperbaiki keberhasilan yang tertunda.
7. Niat yang baik, kerja keras, dan kemauan tinggi
Nah, hal ini sangat mudah sekali. Ketika seseorang memiliki niat yang baik maka ia juga akan menerima buah dari kebaikannya. Yah seperti pepatah mengatakan bahwa apa yang kamu tuai maka itulah yang akan kamu petik kemudian hari. Saat kita memiliki niat baik menggapai sesuatu maka kita harus memiliki kemauan untuk bisa meraihnya dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Hal ini merupakan sebuah proses yang harus bisa dijalani oleh mereka sang pemimpi sejati. Seorang pemimpi sejati adalah mereka yang mampu menikmati proses keberhasilannya sampai pada titik dimana dia akan berada pada mimpi yang diinginkannya.

NAH  guys, 7 tips tersebut harus kita jadikan pondasi untuk bangkit dari kegagalan dan memulai kembali mimpi yang sempat tertunda. Hal ini mungkin sulit jika kita hanya membayangkan mimpi kita tanpa mau bekerja keras untuk menggapainya. Proses adalah sangat penting, untuk itu nikmatilah proses yang kita jalani tanpa kita takut bahwa proses itu akan menjadi sia-sia tanpa memberikan sesuatu yang kita dambakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEAKSARAAN SEBAGAI BAGIAN "EDUCATION FOR ALL"

Last Desember 2016